infogupab@pancabudi.sch.id 08116300044    Chat
...

SD PANCA BUDI MEDAN GELAR ACARA KHATAMAN AL- QUR’AN

SD Panca Budi Medan menggelar acara khataman Al-Qur’an tahun pelajaran 2021-2022 pada hari Selasa, (31/5/2022), pukul 09.00 – 12.00 Wib. Kegiatan yang diadakan setahun sekali ini bertempat di Ruang Multimedia Gedung E lantai 1, Perguruan Panca Budi, Jalan Jenderal Gatot Subroto Km. 4,5 Medan. Peserta khatam Qur’an adalah seluruh siswa-siswi kelas 6 sebanyak 91 orang, acara tersebut dihadiri oleh kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, guru wali kelas dan seluruh siswa kelas 6 SD Panca Budi Medan.

Kepala sekolah SD Panca Budi Medan, Ronny Irwanto, S,S dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa khataman qur’an bukanlah akhir kita membaca Al’Qur’an tapi merupakan awal untuk lebih memahaminya. Setelah khataman harus ada jadwal agar kita terus rutin membacanya, boleh sehabis sholat Maghrib sampai menjelang Isya, boleh setelah sholat Subuh, boleh bakda Isya, boleh usai sholat Zuhur atau selepas sholat Ashar. Diusahakan minimal satu hari sekali untuk membacanya, bila jadwal membacanya dilaksanakan maka inilah yang disebut dengan siswa yang cinta Al-Qur’an, karena sesungguhnya akan datang Al Qur’an itu pada hari Kiamat sebagai penolong.

Acara khataman Al-Qur’an dimulai dengan pembukaan, kemudian kata sambutan dari kepala sekolah SD Panca Budi Medan, selanjutnya masuk ke acara inti yaitu khataman Al-Qur’an. Setelah khataman dilanjutkan dengan penyerahan Balai dari siswa ke guru Al-Qur’an dan kepala sekolah, setelah itu Do’a dan muhasabah.

“Jadi hari ini adalah akhir membaca Al Qur’an di sekolah, 6 tahun berada disini, kita resmi berpisah dengan guru tadarus kita, guru Iqra’ kita, guru Al Qur’an kita, dan guru agama kita. Maka ada syarat nantinya untuk memberikan Balai yang berisi pulut, karena pulut itu lengket maka hendaknya apa yang dipelajari selama ini lengket di kepala sehingga membekas di hati. Ikutilah proses khataman ini dengan baik, saat dibacakan surah Ad-Dhuha sampai An Nas, agar pahala khataman Qur’an ini kita peroleh bersama, “tegasnya.

Sebelumnya kegiatan membaca Al-Qur’an sampai khatam ini merupakan mata pelajaran muatan lokal, dibimbing dan diajarkan pada saat jam mata pelajaran Iqra’ dan Tahfiz oleh gurunya, yaitu ibu Aspahani dan Rubiah. Khataman Al-Quran diselenggarakan dengan maksud menunjukkan rasa syukur dan bahagia, karena anak-anak telah berhasil menyelesaikan pelajaran membaca Al-Qur’an. Semoga dengan khataman Al-Qur’an ini semua siswa kelas 6 memperoleh nilai ujian yang baik dan siswa dapat lulus semua. Dengan kegiatan ini diharapkan juga minat baca Al-Qur’an anak-anak semakin meningkat sehingga dijadikan program wajib sekolah untuk membangun  generasi muda yang Al-Qur’an.  

(M. Ishan Hrp/AP)

13-07-2022

Join us

Ayo bergabung bersama kami bersama kita pasti bisa Membangun Bangsa.